Kamis, 07 Mei 2009

KEUTAMAAN DZIKIR

Tanggal, 3 Mei 2009 Rumah : Bpk H. Alwi Fuad Jl. Kuntul Cilacap
Ustadz: H. Fuad Hasan (Pon. Pes Al Amin-Jl Tidar)

QS Al Ahzab:41. Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.
Kehidupan yang semakin berat, carut marut dunia perpolitikan, menyebabkan banyak orang mengalami tekanan batin (stress). Untuk itu QS 33:41 tersebut mengingatkan pentingnya memperbanyak dzikir, karena dengan dzikir maka hati akan menjadi tentram.
QS Ar-Rad:28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.
Dzikir tidak hanya dengan membaca subhanalla (33x), Alhamdulillah (33x), dan Allahu Akbar (33x), namun ingat kepada Allah harus ada dalam setiap waktu dan kegiatan kita. Salah satu dzikrullah adalah melaksanakan shalat dengan khusu’. Shalat yang tidak khusu’ itu ibarat mengenakan baju yang robek, maka perlu ditambah dengan amalan-amalan wirid yang lain.
Imam Qurtubi menjelaskan pengertian dzikir yang banyak yaitu dzikir yang dilakukan dengan ikhlas dan diperbanyak baik diwaktu pagi maupun petang. Ala bidzikrillahi tatmainnul qulub (hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.)
Dzikir yang lain yaitu dengan membaca Al Qur’an. Misalnya memperbanyak mambaca surat al waqiah untuk kelancaran rezeki.
Untuk itu dalam kehidupan ini kita perlu membentengi diri dengan iman dan dzikir karena :
· Dapat membentengi diri dari kegelapan
· Dapat Mengobati hati yang duka.
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar