Sabtu, 31 Januari 2009

Menghadapi masalah dengan sabar

Masjid Al Furqon Jl. Indraloka Cilacap
Tanggal: 3 Agustus 2008
Tuan rumah: Drs. Budi Gagak Handoko
Ustadz : Drs. Hasan Makarim


Istiqomah berarti melaksanakan dengan konsisten dan penuh perhitungan (penuh ke hati-hati an). untuk itu perlu selalu mengingat akan waktu (wal asri) yang nantinya di akherat akan dihisab, ditanya umurnya untuk apa saja.

Maka seseorang kurang bisa mengelola waktu kecuali mereka yang beriman (pandai mengatur waktu). Mengatur waktu merupakan bagian dari ibadah, dan ibadah adalah didasari oleh sifat sabar yang dapat menjadi bingkai pengawal kesuksesan yaitu orang-orang yang muhtadun (yang dapat hidayah). Mereka yang mendapat hidayah akan mudah memahami bahwa kesulitan senantiasa bersanding dengan kemudahan (innamal usyri yusro).

Sisihkan hazad (iri/dengki) karena ia merupakan penyakit psikomatika untuk itu kita perlu senantiasa berdo’a dan pasrah hanya kepada Allah SWT sehingga hati akan menjadi tentram yang mana hal ini merupakan kunci pembuka pintu surga (miftahul jannah)

Perlu disadari bahwa: Masalah adalah bagian dari kehidupan dunia, dikubur ada hisab. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan untuk itu jalani dengan kesabaran dan shalat. Shalat yang benar tentu menciptakan pribadi yang sabar.

Kunci :

  • Sabar (qalbun salim)
  • Komunikasi, menentukan sukses tidaknya kehidupan; dakwah harus berubah karena sistim telah berubah. Komunikasi anggota keluarga.
  • Muhlisin (ikhlas) dalam melayani suami/istri, belajar, dan bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar